Monday, February 26, 2007

TOURING BIKER TCC KE G. KELUD: The Long and Winding Road (3/4)

Siksaan terus berlanjut, tanjakan sejauh 2 km bukan jarak yang pendek. Seorang anak muda dengan jersey Team Discovery nampak istirahat sambil duduk di bebatuan tepi jalan. Sebelumnya ia sangat dijagokan reporter anda, karena bapaknya, Pak Edy, dari TCC Mojokerto punya power cukup gede.

Di depan, seorang anak muda TCC Sumenep dengan jersey Flexi kuning merah yang khas, makin jauh meninggalkan reporter TCC. Kami saling mengagumi karena pernah nggenjot bareng di event turing Petung Sewu, Malang.

Napas makin ngos-ngosan, namun teknik bernapas pelari jarak jauh yang diterapkan reporter TCC sangat membantu untuk tetap bertahan di atas sadel. Untuk bisa bertahan, pelari marathon menarik napas dalam dua langkah, dua langkah berikutnya untuk membuang napas, begitu seterusnya dan napas anda akan stabil. Selebihnya adalah semangat juang dan sikap tak mudah menyerah akan membuat kita bertahan. Tentu saja latihan yang cukup menjadi keharusan. ”Sebentar lagi tanjakan agak ekstrem”, kata seorang biker dari TCC Kediri yang sedang beristirahat.

Keringat mengucur deras. Bahkan sampai membasahi kacamata. Air madu, meski madu palsu, sangat membantu karena gula bisa segera mengganti kalori yang terbakar. Puncak Gunung Kelud kian terlihat jelas. Satu dua sepeda motor 2 tak yang naik ke G. Kelud meninggalkan asap yang sangat mengganggu. “Saya nunggu yang jalan, pak”, kata Dalu, fotografer TCC dengan kamera yang siap bidik.

Jalan menikung, di depan menghadang tanjakan yang sangat ekstrem. Argghhhhh…setengah putus asa reporter TCC turun dari sadel dan memilih menuntun sepedanya. Kecepatan melorot di 3,6 km/j. Dua orang biker TCC Malang setelah melewati reporter TCC beberapa meter memilih turun dari sadelnya. Dalam hati reporter TCC merasa bersalah, karena melorotkan semangat biker lainnya.

Jalan sedikit mendatar, reporter anda kembali mengayuh sepedanya. Hanya beberapa meter kemudian di depan sudah nampak puluhan biker lainnya yang asyik bercengkerama di mystery road G. Kelud. Alhamdulillah, berakhir sudah "penderitaan" ini. (bersambung)

No comments: